ICA Dan OCDC Luncurkan Portal Pengembangan Koperasi Internasional

Beritakoperasi, Jakarta - International Cooperative Alliance (ICA) dan U.S. Overseas Cooperative Development Council (OCDC) telah meluncurkan platform yang berisi informasi mengenai proyek yang dijalankan oleh organisasi pengembangan koperasi (CDO) di seluruh dunia. Platform ini akan menjadi platform pertama yang memberikan informasi mengenai perkembangan koperasi.

ICA Dan OCDC Luncurkan Portal Pengembangan Koperasi Internasional

Beritakoperasi, Jakarta - International Cooperative Alliance (ICA) dan U.S. Overseas Cooperative Development Council (OCDC) telah meluncurkan platform yang berisi informasi mengenai proyek yang dijalankan oleh organisasi pengembangan koperasi (CDO) di seluruh dunia.

 

Platform ini akan menjadi platform pertama yang memberikan informasi mengenai perkembangan koperasi.

 

Baca : Catatan Akhir Tahun Koperasi Indonesia, Dr Tedy Dirhamsyah

 

ICA dan OCDC telah meluncurkan platform yang berisi informasi mengenai berbagai kegiatan yang dijalankan oleh organisasi pengembangan koperasi (CDO) di seluruh dunia.

Platform ini diciptakan sebagai media untuk berinteraksi antar pengguna dengan pihak yang memiliki kepentingan  bisnis yang ikut andil dalam pembangunan internasional, portal Mapping International Cooperative Development Programs (MICDP) bertujuan untuk menunjukkan dampak CDO pada skala lokal dan global.

 

CDO didefinisikan sebagai koperasi dan organisasi pendukung koperasi yang menyediakan dana dan/atau melaksanakan proyek pembangunan di luar negara asal mereka.

 

Di dalamnya juga berisikan data tentang 440 kegiatan pengembangan koperasi internasional dari 28 CDO yang beroperasi di 70 negara. Adanya peta digital dan laman pencarian akan memudahkan user menjelajahi berbagai proyek dan mencari informasi dengan spesifik seperti : tujuan proyek, mitra yang terlibat, jenis kegiatan, dan mengenai Sustainable Development Goals (SDGs).

 

“Platform ini akan menjadi platform pertama yang memberikan informasi mengenai perkembangan koperasi yang ada dan menyediakan tempat bagi siapa saja untuk melihat dampak koperasi dalam Sustainable Development Goals (SDGs),” kata Paul Hazen, Direktur Eksekutif OCDC.

 

“Kami memaksimalkan interaksi serta pengembangan jaringan dalam CDO ini, dengan itu para pemilik usaha bisa memanfaatkan keahlian para anggota kami. Ini adalah kemitraan yang luar biasa antara OCDC dan ICA yang bermanfaat untuk membuat komunitas koperasi yang lebih besar.” ungkap Paul Hazen.

 

OCDC menyatukan organisasi AS yang berkomitmen untuk membangun dunia yang lebih sejahtera melalui koperasi dengan misi untuk memperjuangkan, mengadvokasi, dan mempromosikan pengembangan koperasi internasional yang efektif. Bersama-sama, OCDC dan ICA berharap kerjasama internasional diantara CDO akan dipupuk melalui berbagi data dan pengetahuan. Data yang dikumpulkan ini akan menjadi acuan untuk meningkatkan kepemimpinan koperasi dalam pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan profil CDO dengan donatur, lembaga internasional, pembuat keputusan, mitra, masyarakat sipil, dan pelaku bisnis pembangunan lainnya.

 

Mereka juga berharap portal MICDP bisa menjadi media yang penting untuk meningkatkan visibilitas program-program CDO aktif di lapangan dan bisa membuktikan bahwa mereka dapat meningkatkan ekonomi, sosial dan lingkungan masyarakat lokal.

 

Bruno Roelants, Direktur UmumICA, menyoroti pentingnya portal untuk menilai dampak program organisasi pembangunan koperasi di tingkat negara dan global menambahkan bahwa kompilasi informasi dan pengetahuan sangat penting untuk mendukung strategi perkembangan koperasi.

 

“Platform ini adalah hasil dari kemitraan yang sukses antara anggota lama kami OCDC dan ICA, kami berharap ini menjadi awal peningkatan yang baik di antara anggota kami dan mitra utama yang aktif dalam SDGs untuk terus meningkatkan peran koperasi dalam mengatasi tantangan global dan lokal saat ini” ujar Bruno Roelants, Direktur UmumICA. (Sefi Ahmafriani)

 

Diterjemahkan dari Sumber : (https://www.thenews.coop/167134/sector/regional-organisations/ica-and-ocdc-launch-international-co-op-development-portal/