KBUMP Kembangkan Divisi Diklat Terbuka Untuk Koperasi Dan UKM Di Seluruh Indonesia

Beritakoperasi, Purwokerto – Pada tataran bisnis, bisnis koperasi tak ubahnya seperti bisnis pada umumnya. Menyadari perlunya peningkatan SDM koperasi pada berbagai tingkatan dan perlunya memberikan edukasi pada anggota koperasi, Koperasi Bina Usaha Mandiri Profesional (KBUMP) mengembangkan divisi pendidikan dan pelatihan. Divisi Diklat yang dikembangkan oleh KBUMP berlatar belakang filosofis dan pertimbangan bisnis koperasi. Dari sisi filosofis anggota koperasi akan lebih partisipasif dengan adanya pendidikan perkoperasian yang dilaksanakan kepada masyarakat atau calon anggota.

KBUMP Kembangkan Divisi Diklat Terbuka Untuk Koperasi Dan UKM Di Seluruh Indonesia

Beritakoperasi, Purwokerto – Pada tataran bisnis, bisnis koperasi tak ubahnya seperti bisnis pada umumnya. Menyadari perlunya peningkatan SDM koperasi pada berbagai tingkatan dan perlunya memberikan edukasi pada anggota koperasi, Koperasi Bina Usaha Mandiri Profesional (KBUMP) mengembangkan divisi pendidikan dan pelatihan.

 

Divisi Diklat yang dikembangkan oleh KBUMP berlatar belakang filosofis dan pertimbangan bisnis koperasi. Dari sisi filosofis anggota koperasi akan lebih partisipasif dengan adanya pendidikan perkoperasian yang dilaksanakan kepada masyarakat atau calon anggota.

Baca juga : Cegah Fraud JOKN Tawarkan Q-Pay Mobile Collector

Dr Tedy Dirhamsyah, Ketua KBUMP menyatakan anggota koperasi adalah pilar tegak dan majunya koperasi. ”Koperasi tanpa anggota yang partisipasif tidak akan bisa berkembang, semua koperasi yang maju anggotanya harus punya nilai lebih. Nilai lebih anggota bisa banyaknya, tapi juga bisa kualitasnya dan partisipasinya. Tahun ini dengan kita buka kompartemen Diklat dan Pemberdayaan Anggota kita akan punya kegiatan baru. Kegiatan diklat menjadi agenda mendasar bagi suksesnya koperasi dan suksesnya anggota KBUMP” ujar doktor lulusan UGM ini.

 

Lebih lanjut Tedy memaparkan akan ada berbagai kegiatan pendidikan di koperasi KBUMP. ”Jadi kita akan gelar diklat-diklat yang sifatnya bisnis maupun diklat perkoperasian, semuanya untuk memupuk semangat berkoperasi bagi anggota dan bagi perkembangan koperasinya” tegas Tedy melanjutkan.

 

”Dalam waktu dekat ini akan kita gelar Diklat Pengelolaan Minimarket yang akan kita gelar melalui Hybrid. Diklat ini terbuka secara nasional. Kita melihat banyak koperasi yang mengelola bisnis ritel. KBUMP punya pengalaman cukup panjang dalam mengelola bisnis ini. Dari kegiatan ini kita juga akan bisa membuat kerjasama antar koperasi. Misalnya koperasi di Jawa Barat ingin kerjasaama dengan kita tentu kita akan sambut baik. Atau koperasi di seluruh Indonesia pun kita akan mungkin bisa bermitra” pungkas Tedy.