Forkopi Lanjutkan FGD RUU Perkoperasian Di Sidogiri, Andy A Djunaid Ajak Elemen Koperasi Ikut Membangun Bangsa

Rabu, 2 Agustus 2023 - 00:00

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beritakoperasi, Pasuruan -  Siang ini Forum Koperasi Indonesia (Forkopi) hari ini Rabu,8/2 melanjutkan bahasan untuk masukan RUU Perkoperasian di kantor pusat UGT Nusantara. FGD RUU perkoperasian  hari ini menjadi putaran ketiga setelah digelar di Yogyakarta (8/1) dan Jakarta (20/1).

Abdul Madjid Umar, Ketua UGT Nusantara dalam sambutannya berharap kegiatan di Sidogiri hari ini bisa memberikan manfaat pada pengembangan koperasi di Indonesia. Ia juga akan sangat senang jika Forkopi memutuskan dilaksanakannya kongres koperasi Indonesia. Jika terjadi kongres koperasi ia dan UGT Sidogiri akan mendukung.

Pada putaran ketiga ini hadir tim 5 Kemenkop yang menjadi penyusun RUU Perkoperasian, Noer Soetrisno dan Agung Nur Fajar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

FGD hari ini dibagi menjadi 3 komisi, Komisi A membahas tentang pengawasan kegitan simpan pinjam oleh koperasi, Komisi B membahas penjaminan simpanan/pinjaman dan penyehatan kegitan simpan pinjam oleh koperasi dan komisi C membahas literasi perkoperasian dan diplomasi parlemen.

Andy A Djunaid, Ketua Forkopi  dalam sambutannya menyampaikan bahwa segenap elemen koperasi ingin bersama membangun Indonesia melalui koperasi. Andy menyampaikan kasus Indosurya sebetulnya memukul koperasi-koperasi yang bergerak dengan benar.

Baca juga:  Kemensos Ajak Pemda Papua Percepat Pemberdayaan Sosial di Papua dengan Koperasi

Menyikapi ide melaksanakan kongres koperasi ia sepakat dan mendukung kegiatan ini. Melalui kongres koperasi segala image negatif bisa disikapi bersama.

Noer Soetrisno mengatakan kegiatan FGD RUU Perkoperasian ini memastikan terjadinya interaksi dan komunikasi sehingga persoalan  yang akan muncul bisa dikomunikasikan. Ia juga menyoroti imbas dari UU PPSK, koperasi lahir menjadi rezim khusus yang berbeda dengan jasa keuangan yang lain. Ia berharap tokoh-tokoh koperasi mampu menjaga marwah koperasi yang close loop.

Noer Soetrisno mengatakan Forkopi harus terus menyuarakan kepentingan koperasi. ”Forkopi itu sangat penting untuk menyuarakan koperasi” tegasnya.  Ia juga menyoroti ide kongres koperasi untuk membangun identitas koperasi yang diperbarukan. Ia menegaskan perlunya kongres koperasi memastikan adanya model koperasi simpan pinjam ala Indonesia.

Agung Nur Fajar menjelaskan kontribusi Forkopi dalam memberikan sumbang saran RUU Perkoperasian ini sebagai bahan masukan penting. FGD ini bisa dipahami sebagai serap aspirasi atau proses komunikasi dengan pemangku kepentingan koperasi.

Proses komunikasi ini sebagai alat untuk membantu melihat siapa saja yang berkepentingan terhadap pengembangan kemajuan koperasi. Agung juga menyoroti pemberitaan Indosurya yang terus menggelinding, ia meminta koperasi harus aktif membangun informasi koperasi yang benar. Sampai berita ini diturunkan kegiatan FDG RUU Perkoperasian masih berlangsung dengan narasumber Agung Nur Fajar. (Luni/Beritakoperasi)

Baca juga:  Deputi Perkoperasian, Zabadi : Perusahaan Baik PT Maupun CV Bisa Menjadi Anggota Koperasi Model Multi Pihak Di RUU Perkoperasian 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaKoperasi.com.

Berita Terkait

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia
Seminar Nasional Revitalisasi Koperasi Indonesia : Ahmad Subagyo Menekankan Pentingnya Revitalisasi Koperasi di Era Digital Melalui Strategi dan Inovasi
Forkopi Gelar Konsolidasi Kawal Regulasi Bangkitkan Koperasi Yang Sesuai Amanat Konstitusi
10 Koperasi Modern Diinkubasi Menjadi Lembaga Inkubator Bisnis
Kunjungan Koperasi VICTO Philippina : Koperasi Poetera Desa Wisata Ajak Koperasi ASEAN Kembangkan Tourism COOP dan Kerjasama Usaha
Dampak Regulasi Terhadap Keberlangsungan Koperasi
Lewati Rekor, Pemudik RI Lebaran 2024 Tembus 242 Juta Orang
Panas Perang Iran-Israel, Pemerintah Ungkap Nasib WNI
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

Mengenal Fenomena Desert Bloom Yang Bikin Gurun Di Arab Saudi Jadi Padang Lavender

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

13 Kontroversi Arab Saudi : Proyek Bangunan Mirip Ka’bah Hingga Pantai Bikini

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mengenal Mocaf Pengganti Terigu Yang Kaya Manfaat

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Fakta Haru Dibalik Hari Kasih Sayang 14 Februari

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mau Bisa Nulis Buku Atau Opini Media Penerbit Sherpa Indonesia Buka Klub Menulis, Terbuka Untuk Seluruh Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Terapkan Kiat ini, Bikin UMKM Makin Sukses di Era Digital

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Selamat Jalan Prof Rubi, Guru Abadi Sang Pembimbing Yang Menginspirasi

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Tata Cara Salat dan Khutbah Idul Adha di Rumah

Berita Terbaru

Nasional

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia

Minggu, 21 Jul 2024 - 00:01