Ahmad Zabadi : UU PPSK Tak Atur Pengawasan Koperasi, Aturannya di RUU Perkoperasian

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beritakoperasi, Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) memastikan pemberdayaan dan perlindungan koperasi bakal diatur dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Perkoperasian yang baru. Deputi Perkoperasian KemenkopUKM Ahmad Zabadi menegaskan jika  kementeriannya diberikan kepercayaan dan kehormatan oleh pemerintah dan DPR untuk mengatur koperasi dalam undang-undang Perkoperasian, sehingga koperasi tidak banyak diatur dalam Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK).

Zabadi meneranhkan bahwa pemerintah dan DPR-RI dalam pembahasan UU Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) mendorong agar pengaturan pemberdayaan, perizinan, dan pengawasan usaha koperasi diatur dalam RUU Perkoperasian.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Zabadi menilai kurang tepat jika ada pihak yang meminta bantalan perlindungan koperasi diatur dalam UU PPSK. Sebab semua bentuk pemberdayaan dan perlindungan koperasi akan diatur dalam RUU Perkoperasian.

“RUU Perkoperasian mengatur upaya pemberdayaan dan pelindungan usaha koperasi dengan mengembangkan ekosistem koperasi, sehingga pengembangan usaha koperasi dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan,” kata Deputi Perkoperasian Kemenkopukm melalui keterangan tertulis pada Sabtu, 14 Januari 2023.

Baca juga:  Rakerwil Dekopinwil Jatim : RUU Perkoperasian Mewujudkan Otonomisasi Dan Kemandirian Koperasi

Tapi meskipun  tidak banyak diatur dalam UU PPSK, menurut Zabadi, beleid itu harus dipandang sebagai bottom line pengaturan usaha simpan pinjam koperasi. Ia menilai beleid tersebut adalah bentuk pengakuan negara bahwa koperasi sebagai salah satu pelaku utama dalam sektor keuangan nasional, yang membuka akses usaha koperasi di hampir semua sektor keuangan. Hal itu disebutkan dalam Pasal 202 UU PPSK.

Zabadi menerangkan jika UU PPSK juga menjadikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai mitra strategis bagi KemenkopUKM dalam pengembangan dan pengawasan usaha simpan pinjam yang melayani masyarakat, bukan anggota atau koperasi open loop.

Buku Diskon 10% | Karya Lengkap Bung Hatta |  087776113133

RUU Perkoperasian juga akan mengatur pembentukan OPK, Apex, LPS, dan Komite Penyehatan Koperasi untuk memberikan bantalan bagi usaha simpan pinjam koperasi dalam menghadapi krisis keuangan.

RUU Perkoperasian juga akan menegaskan bahwa setiap kementerian, lembaga, atau dinas memiliki tugas dan kewenangan untuk mengatur pemberdayaan, perizinan, dan pengawasan usaha koperasi sesuai dengan tugas dan kewenangannya pada lapangan usaha yang bersangkutan.

Baca juga:  Apresiasi W20 Indonesia 2022 UMKM Expo, Teten Masduki Dorong UMKM Perempuan Go Digital

”Pembinaan koperasi pada masa mendatang menjadi lebih masif, terstruktur, dan dilakukan oleh lintas kementerian, lembaga, atau dinas, baik di tataran pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Ia menyatakan RUU Perkoperasian ini harus dijadikan momentum untuk kebangkitan koperasi menjadi salah satu pilar utama perekonomian daerah dan nasional” tegas Zabadi

Naskah Akademik RUU Perkoperasian

KemenkopUKM menyatakan terbuka terhadap masukan dari seluruh pemangku kepentingan untuk merumuskan dan membahas naskah akademik dari RUU Perkoperasian. “Pemerintah mengharapkan RUU ini menjadi milik masyarakat Indonesia, dan menjadi konsensus bersama untuk membangun koperasi Indonesia pada masa mendatang,” ucapnya.

Gunawan Sumodiningrat, Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM, yang juga menjadi anggota tim Kemenkop UKM dalam forum pembahasan RUU Perkoperasian di Yogyakarta beberapa waktu lalu, juga mengingatkan pelaku koperasi untuk bersama-sama merumuskan RUU Perkoperasian sebagai norma pengaturan perkoperasian sesuai tantangan zaman.   

“Koperasi perlu memanfaatkan UU P2SK dan RUU Perkoperasian sebagai momentum untuk membangkitkan minat masyarakat untuk berkoperasi dan mengembangkan usaha simpan pinjam Koperasi yang sehat, kuat, tangguh, dan mandiri,” katanya.

Baca juga:  Teten Masduki : Pembangunan Pabrik Minyak Makan Merah Jadi Solusi Persoalan Minyak Goreng

Ketua Forum Koperasi Indonesia (Forkopi), Andi Arslan pun mengajak seluruh komponen gerakan koperasi untuk aktif memberikan kontribusi dalam perumusan dan pembahasan RUU Perkoperasian, agar hasilnya kelak sesuai dengan aspirasi gerakan koperasi. 

Forkopi menyatakan pemerintah telah mendengar aspirasi gerakan koperasi dalam pembahasan RUU PPSK, sehingga pelaku koperasi harus menjaga jati diri koperasi dalam pengembangan usaha simpan pinjam koperasi ke depannya. "Selanjutnya mari bersama-sama kita kawal pembahasan RUU Perkoperasian,” ucap Andi. (Diah/Beritakoperasi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaKoperasi.com.

Berita Terkait

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia
Seminar Nasional Revitalisasi Koperasi Indonesia : Ahmad Subagyo Menekankan Pentingnya Revitalisasi Koperasi di Era Digital Melalui Strategi dan Inovasi
Forkopi Gelar Konsolidasi Kawal Regulasi Bangkitkan Koperasi Yang Sesuai Amanat Konstitusi
10 Koperasi Modern Diinkubasi Menjadi Lembaga Inkubator Bisnis
Kunjungan Koperasi VICTO Philippina : Koperasi Poetera Desa Wisata Ajak Koperasi ASEAN Kembangkan Tourism COOP dan Kerjasama Usaha
Dampak Regulasi Terhadap Keberlangsungan Koperasi
Lewati Rekor, Pemudik RI Lebaran 2024 Tembus 242 Juta Orang
Panas Perang Iran-Israel, Pemerintah Ungkap Nasib WNI
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

Mengenal Fenomena Desert Bloom Yang Bikin Gurun Di Arab Saudi Jadi Padang Lavender

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

13 Kontroversi Arab Saudi : Proyek Bangunan Mirip Ka’bah Hingga Pantai Bikini

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mengenal Mocaf Pengganti Terigu Yang Kaya Manfaat

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Fakta Haru Dibalik Hari Kasih Sayang 14 Februari

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mau Bisa Nulis Buku Atau Opini Media Penerbit Sherpa Indonesia Buka Klub Menulis, Terbuka Untuk Seluruh Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Terapkan Kiat ini, Bikin UMKM Makin Sukses di Era Digital

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Selamat Jalan Prof Rubi, Guru Abadi Sang Pembimbing Yang Menginspirasi

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Tata Cara Salat dan Khutbah Idul Adha di Rumah

Berita Terbaru

Nasional

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia

Minggu, 21 Jul 2024 - 00:01