Kunjungan Koperasi VICTO Philippina : Koperasi Poetera Desa Wisata Ajak Koperasi ASEAN Kembangkan Tourism COOP dan Kerjasama Usaha

Minggu, 23 Juni 2024 - 13:43

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

I Wayan Sumerta, SE., MM., Ak,  Ketua Koperasi Produsen Poetera Desa Wisata. Kanan CEO Victo National Cooperative Federation and Development Centre of The Philippines, Mr. Jose C. Detablan. Kolaborasi Koperasi seASEAN dalam pengembangan Jaringan Koperasi Pariwisata

I Wayan Sumerta, SE., MM., Ak, Ketua Koperasi Produsen Poetera Desa Wisata. Kanan CEO Victo National Cooperative Federation and Development Centre of The Philippines, Mr. Jose C. Detablan. Kolaborasi Koperasi seASEAN dalam pengembangan Jaringan Koperasi Pariwisata

Bali, Beritakoperasi – Bali sebagai daerah tujuan wisata terbaik di Dunia, menjadi magnet tersendiri untuk dikunjungi, hingga Koperasi VICTO Philippina pun ingin berwisata ke Bali. Victo National Cooperative Federation & Development centre sebuah Koperasi level Nasional di Philippina mengajak anggotanya untuk berkunjung ke Bali.

 

Bukan sekedar berwisata di Bali, Kegiatan Koperasi VICTO Philippina, dirangkaikan dengan melakukan Study Visit/ benchmark, di Koperasi Simpan Pinjam Ema Duta Mandiri (EDM) di Denpasar. Serta mengunjungi anggota Koperasi Produsen Poetera Desa Wisata yang menekuni usaha Kopi Arabica di Desa Catur, Kintamani, Bangli – Bali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

 

“Tahun 2023 lalu, kami mengikuti event pertemuan koperasi seAsia Pasific di Manila (Philippina) yang diselenggarakan oleh ICA (International Cooperative Alliance). Pada event tersebut kami mempromosikan keberadaan Koperasi Poetera Desa Wisata, kami juga mempromosikan Bali sebagai Tujuan Wisata Terkemuka di Indonesia. Kami katakan silakan berkunjung ke Bali, disamping menikmati wisata Bali juga akan diajak mengunjungi Koperasi yang ada di Bali” kata Ketua Koperasi Poetera Desa Wisata Provinsi Bali, I Wayan Sumerta, Rabu (19/6/2024) di Denpasar.

Baca juga:  Koperasi Kopasjadi Purwokerto, Kantor Baru Siap Fasilitasi Modal Usaha Dan Layani Biaya Pendidikan Anak

 

Koperasi Poetera Desa Wisata telah mengajak Koperasi seASEAN untuk mengembangkan Jaringan Koperasi Wisata (Tourism Coop).

 

“Kami sudah mengajak Koperasi Malaysia melalui organisasi Koperasinya ANGKASA, Koperasi Singapore melalui SNCF (Singapore National Cooperative Federation), Koperasi Thailand, CLT (Cooperative Leqa of Thailand), sekarang dengan Victo National Cooperative Federation & Developmen Centre of The Philippines yang berkunjung ke Bali dari tanggal 11 Juni sampai dengan 17 Juni 2024” ujar I Wayan Sumerta.

 

122 orang delegasi Koperasi yang dipimpin langsung oleh Ketuanya, Crisanto R. Sabino dan CEO, Jose C. Detablan. Koperasi Victo National Philippina ini, beranggotakan sekitar 361 Koperasi level daerah/provinsi di Philippina.

 

Peserta yang mengikuti acara ke Bali dalam program International Cooperative Educational & Exposure, 122 orang delegasi dari 42 Koperasi anggota Victo National. Koperasi Victo National Philippina ini mempunyai unit usaha Training, Jasa AUDIT, Consultancy, Marketing, Property & Asset Management.

 

Di Bali, mereka menikmati kunjungan ke Desa Wisata dan Agro Kopi Kintamani, di Desa Catur milik I Ketut Jati, Kopi Arabica Gunung Catur Kintamani, yang juga sebagai anggota dari Koperasi Produsen Poetera Desa Wisata.  Delegasi rata-rata bertanya dan menyimak dengan tekun perihal Kopi Arabica, dari penanaman pohon kopi sampai pengolahan pasca panen.

Baca juga:  Webinar Harkopnas Ke-77 : Peran Lembaga Pembiayaan Pengungkit Pengembangan Koperasi

 

“Saya berharap ada kerjasama usaha Kopi nantinya dengan Koperasi Victo National Philippina ini” harap I Ketut Jati, Petani Kopi yang konsisten. Di lain pihak Ketua Koperasi Simpan Pinjam Ema Duta Mandiri (EDM), yang juga Ketua DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia) Wilayah Bali, I Wayan Murja, menyambut gembira dengan adanya kunjungan Koperasi Victo National Philippina ini. Beliau menekankan pentingnya kegiatan kolaborasi koperasi ini dilakukan secara periodik.

“Koperasi VICTO bisa mengembangkan Training sebagai usaha unggulan Koperasinya, sangat Luar Biasa! Kita mesti belajar banyak karena Pendidikan Perkoperasian merupakan Prinsip dasar pengembangan Koperasi,” pungkas I Wayan Murja  menekankan. (SAH/Beritakoperasi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaKoperasi.com.

Berita Terkait

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia
Seminar Nasional Revitalisasi Koperasi Indonesia : Ahmad Subagyo Menekankan Pentingnya Revitalisasi Koperasi di Era Digital Melalui Strategi dan Inovasi
Forkopi Gelar Konsolidasi Kawal Regulasi Bangkitkan Koperasi Yang Sesuai Amanat Konstitusi
10 Koperasi Modern Diinkubasi Menjadi Lembaga Inkubator Bisnis
Dampak Regulasi Terhadap Keberlangsungan Koperasi
Lewati Rekor, Pemudik RI Lebaran 2024 Tembus 242 Juta Orang
Panas Perang Iran-Israel, Pemerintah Ungkap Nasib WNI
CEO TikTok Akan Menghadap Menteri Koperasi Pekan Ini, Bahas TikTok Shop?

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

Mengenal Fenomena Desert Bloom Yang Bikin Gurun Di Arab Saudi Jadi Padang Lavender

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

13 Kontroversi Arab Saudi : Proyek Bangunan Mirip Ka’bah Hingga Pantai Bikini

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mengenal Mocaf Pengganti Terigu Yang Kaya Manfaat

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Fakta Haru Dibalik Hari Kasih Sayang 14 Februari

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mau Bisa Nulis Buku Atau Opini Media Penerbit Sherpa Indonesia Buka Klub Menulis, Terbuka Untuk Seluruh Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Terapkan Kiat ini, Bikin UMKM Makin Sukses di Era Digital

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Selamat Jalan Prof Rubi, Guru Abadi Sang Pembimbing Yang Menginspirasi

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Tata Cara Salat dan Khutbah Idul Adha di Rumah

Berita Terbaru

Nasional

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia

Minggu, 21 Jul 2024 - 00:01