BK Swalayan, Swalayan Koperasi Yang Diinisiasi Alumni Unsoed Memasuki Usia 22 Tahun Menjadi Salah Satu Ikon Purwokerto

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Beritakoperasi, Purwokerto – Kala itu 1 Oktober 1999, terpampang dengan jelas beberapa spanduk di sekitaran Unsoed Purwokerto, JANGAN BELANJA DULU, TUNGGU 1 OKTOBER. Itulah kalimat dalam spanduk panjang di beberapa tempat, baik di Grendeng, Sumampir dan Karangwangkal. Kurang lebih satu setengah bulan sebelumnya berkumpullah  beberapa kelompok alumni dari Ketua Senat Mahasiswa Unsoed terdapat Dr Tedy Dirhamsyah (Saat ini di Kementan) dan Sugeng Budiarto yang sering malang melintang menjadi komentator cara  balapan di TV.

 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ada juga dari Koperma Unsoed, 3 nama yang tak asing bagi koperasi Purwokerto dan koperasi nasional. Mohamad Arsad Dalimunthe yang saat ini menjabat Ketua Dekopinda Banyumas, Sularto yang saat ini berkiprah di salah satu koperasi besar Indonesia sebagai Koordinator Humas dan Promosi Koperasi BMI (Benteng Mikro Indonesia) dan Suroto yang dikienal kritis suaranya di dunia koperasi Indonesia. Ada satu nama yang saat ini menjadi pengusaha sukses dalam peternakan ayam, Agus Hadiyanto yang merupakan alumni Fakultas Peternakan.

 

Ary Adji mantan wartawan Tempo yang saat ini tinggal di Yogyakarta mewakili elemen alumni dari UKM Solidaritas FISIF. Dan nama-nama dari kelompok mahasiswa P3SDL seperti Dwi Budi Hermawan, Saleh, Agus SP dan masih banyak nama lain yang menyertai perjalanan berdirinya Koperasi Bina Usaha Mandiri Profesional (KBUMP). Koperasi inilah yang melahirkan swalayan Boersa Kampus Purwokerto yang berdiri sejak 1 Oktober 1999 dan sampai hari ini telah berjalan 22 tahun dan akan genap 22 tahun pada 1 Oktober  nanti.

Baca juga:  Endah Setyawati : Kembangkan Kopi Temanggung Merk Mas Bro Coffee, Ngopi Di Rumah Serasa Di Kafé

 

Sejak berdiri Swalayan Boersa Kampus dipimpin oleh 3 orang dengan sebut manajer. Saat berdiri Mohamad Arsad Dalimunthe yang didapuk menjadi manajer sejak 1999-2000 dan dilanjutkan oleh Sularto dari 2000-2002. Lalu sampai saat ini manajemen masih di bawah Suroto yang turut dalam memajukan BK Swalayan sampai hari ini.

 

Dengan dukungan penuh dari Prof Rubiyanto Misman (mantan rektor Unsoed yang melegenda ) yang sangat  peduli dengan kegiatan mahasiswa BK Swalayan tetap eksis di tengah persaingan industri ritel yang terus bergerak maju.

 

Tentu ada yang istimewa memasuki usia 22 tahun ini. Swalayan yang berada di depan Kampus Unsoed Pusat in telah menjadi ikon Purwokerto. Dr Tedy Dirhamsyah yang saat ini menjadi Ketua KBUMP mengatakan kebahagiaannya karena ternyata bersatunya alumni yang mantan aktifis ini telah berbuat nyata membangun ekonomi kota Purwokerto. “Setidak-tidaknya kami telah berkontribusi secara nyata dalam membangun ekonomi di sekitar kampus. Jangan hanya dilihat dari sisi ekonomi saja. Sejak berdirinya BK Swalayan ini mungkin sudah ratusan mahasiswa yang magang di sini. Dan kita tidak pernah menolak satu proposal pun dari mahasiswa. Setiap permintaan dari kegiatan mahasiswa Unsoed dari berbagai fakultas pasti kita berkontribusi, entah berapa besarnya yang kita sesuaikan dengan kebutuhan mereka dan tentu kemampuan kami” terang laki-laki yang juga mantan Sekjen SMPI (Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia) ini.

Baca juga:  Kemitraan PT Sherpa Indonesia Dengan Masyarakat Hutan Akasia Siak Ciptakan Madu Akasia Murni, Dapatkan Khasiat dan Harga Promonya!

Para Pendiri Swalayan Boersa Kampus (BK Swalayan) Foto Bersama AAG Puspayoga (Saat Menjadi Menkop) dan Budi Wakil Bupati Banyumas 

Terpisah manajer BK Swalayan Suroto mengatakan tahun ini BK Swalayan akan dikembangkan konsepnya ke seluruh Indonesia terutama memang yang ada di kampus. “Jadi kami ingin mengembangkan konsep swalayan yang dekat dengan mahasiswa, kegiatan kami tentu bukan hanya jual beli. Berbagai pelatihan bisnis dan  kewirausahaan akan kami kembangkan di sekitar kampus di Indonesia. Kita siap bermitra dengan siapa pun untuk mengembangkan konsep BK Swalayan ini dengan pengalaman kita yang sudah 22 tahun” papar CEO Inkur ini.

Pembina KBUMP Foto Bersama AAG Puspayoga Dan Ahmad Husein Bupati  Banyumas 

 

“Untuk Purwokerto kita ucapkan terima kasih, untuk mahasiswa Unsoed kami ucapkan terima kasih. Kita telah bersama sejak 22 tahun silam. Di saat pandemi ini pun kita tetap melayani dengan baik. Kita akan terus memperbaiki layanan agar sebagai market leader di sekitar kampus Unsoed kita tetap mampu melayani dengan baik. Saya ingin sampaikan bagi temen-temen di seluruh Indonesia yang melihat ini sebagai peluang kita ajak kembangkan swalayan dalam konsep layanan mahasiswa ini di kampus-kampus di Indonesia” pungkas Suroto. (Diah/Beritakoperasi).

Baca juga:  Swalayan Boersa Kampus, Swalayan Koperasi Sejak 1999 Buka Training Privat Pendirian Dan Pengembangan Minimarket

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaKoperasi.com.

Berita Terkait

Kemitraan PT Sherpa Indonesia Dengan Masyarakat Hutan Akasia Siak Ciptakan Madu Akasia Murni, Dapatkan Khasiat dan Harga Promonya!
Peluang Bisnis Mie Ayam Tatsuya : Lezatnya Bisnis Mie Ayam Khas Wonogiri Selezat Rasanya
Mau Untung Dari Mie Ayam Tatsuya Khas Wonogiri, Yuks Jadi Reseller Mie Ayam Khas Wonogiri
Kesempatan Emas Mahasiswa Dan Anak Muda Banyumas Raya Jadi Pengusaha Muslim, Ikuti Program Training Pengusaha Muda Muslim!
Swalayan Boersa Kampus, Swalayan Koperasi Sejak 1999 Buka Training Privat Pendirian Dan Pengembangan Minimarket
Endah Setyawati : Kembangkan Kopi Temanggung Merk Mas Bro Coffee, Ngopi Di Rumah Serasa Di Kafé

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

Mengenal Fenomena Desert Bloom Yang Bikin Gurun Di Arab Saudi Jadi Padang Lavender

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

13 Kontroversi Arab Saudi : Proyek Bangunan Mirip Ka’bah Hingga Pantai Bikini

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mengenal Mocaf Pengganti Terigu Yang Kaya Manfaat

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Fakta Haru Dibalik Hari Kasih Sayang 14 Februari

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mau Bisa Nulis Buku Atau Opini Media Penerbit Sherpa Indonesia Buka Klub Menulis, Terbuka Untuk Seluruh Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Terapkan Kiat ini, Bikin UMKM Makin Sukses di Era Digital

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Selamat Jalan Prof Rubi, Guru Abadi Sang Pembimbing Yang Menginspirasi

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Tata Cara Salat dan Khutbah Idul Adha di Rumah

Berita Terbaru

Nasional

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia

Minggu, 21 Jul 2024 - 00:01