3 Tips Lebih Mudah Beribadah Kurban Setiap Tahun

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:37

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beritakoperasi, Purwokerto – Ibadah kurban yang jatuh setiap hari raya idul adha karena merupakan ibadah yang berkaitan dengan mengeluarkan uang tidak setiap orang mampu menjalankannya setiap tahun.

Ketersediaan uang pada hari raya sangat mempengaruhi niat seseorang dalam menjalankan ibadah kurban ini.

Dalil ibadah kurban ini antara lain terdapat pada, ayat Alquran bahwa perintah berkurban untuk mengingat Allah. Mari kita lihat  ayat yang berbunyi “Fa ṣalli lirabbika wan-ḥar”. Artinya: "Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah)." (Al-Kautsar ayat 2).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalil ayat Alquran ini seringkali menjadi rujukan perintah berkurban. Surat Al-Kautsar ayat 2 memiliki makna bahwa berkurban sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Meskipun sunnah, ibadah kurban menjadi wadah untuk mengingat Allah sebagai pencipta dan penguasa manusia, bumi, alam semesta, dan seisinya.

Amalan kurban juga akan menjadi saksi kita di akhirat nanti.  "Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya." (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Baca juga:  Mau Berangkat Haji Terencana, Ikuti Program Daftar Haji Muda Kopasjadi, Perhari Cuma Rp 10 Ribuan

 

3 Tips, beribadah kurban lebih mudah.

Pertama, berniat ikhlas hanya karena Allah ta’alla. Sejak sekarang atau sejak anda membaca artikel ini, maka baca Bismillahirahmanirrahim. Lalu kencangkan niat. “Saya akan beribadah kurban tahun depan, tahun 1445 H”. Sambil berdoa semoga Allah memberikan rejeki kepada kita agar diberikan kemampuan untuk melaksanakan ibadah kurban.

Kedua, menyimpan secara rutin berdasarkan ritme penghasilan kita. Jika kita punya warung makan, warung kelontong atau penghasilan harian lainnya. Maka kita harus menyimpan secara rutin setiap hari. Jika target kita setiap tahun berkurban, maka setiap hari kita harus menyisihkan uang minimal Rp 8.500,-. Insyallah setelah satu tahun akan terkumpul uang di atas Rp 3 juta. Jika penghasilan kita bulanan, maka kita bisa menyimpan rata-rata perbulan Rp 250 ribu.

Ketiga, istiqomah menyimpan setiap dari dan selalu berdoa saat memasukkan uang ke dalam celengan kurban. Berdoa semoga Allah SWT selalu memberikan rejeki yang halal. Berdoa agar selalu dimudahkan Allah SWT.

Dengan melakukan 3 tips di atas kita dapat menghubungi koperasi syariah terdekat. Anda dapat menghubungi Nina, Asmen Koperasi Syariah Wukir Jaladri.  Setoran simpanan juga sangat mudah, bisa melalui rekening atas nama Koperasi Arasy Wukir Jaladri di Bank Muamalat dengan no rek 5410087061 atau melalui scan QRIS Koperasi Arasy. Informasi silakan kontak Nina 0813-9378-5274. (Nina/Beritakoperasi)

Baca juga:  Jika Hari Ini Belum Beribadah Kurban, Insyallah Tahun Depan Beribadah Kurban, Ini Caranya!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaKoperasi.com di Telegram dengan cara klik link berikut ini : t.me/beritakoperasi.

Berita Terkait

Jika Hari Ini Belum Beribadah Kurban, Insyallah Tahun Depan Beribadah Kurban, Ini Caranya!
Hanya Dengan Rp 62.500 Perminggu, Mudahnya Beribadah Korban Bersama Koperasi AWJ
Mau Berangkat Haji Terencana, Ikuti Program Daftar Haji Muda Kopasjadi, Perhari Cuma Rp 10 Ribuan
Kembangkan Masjid Ramah Anak, Takmir Masjid Nurul Huda Perum Ledug Sejahtera Kerjasama Dengan Kopasjadi Programkan Uang Saku Anak Sekolah

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 03:58

Budi Hermawan : Bedah Buku Dan Diskusi “Lawan Tanding Kapitalisme” Semarakkan Harkopnas

Kamis, 4 Juli 2024 - 04:48

Syarat Dan Tata Cara Menjadi Notaris Pembuat Akta Koperasi

Senin, 24 Juni 2024 - 04:35

Koperasi Kopasjadi Purwokerto, Kantor Baru Siap Fasilitasi Modal Usaha Dan Layani Biaya Pendidikan Anak

Rabu, 12 Juni 2024 - 12:19

Hibah Rumah Gratis Ke-477, Bukti Kopsyah BMI Koperasi Yang Menjaga Prinsip Gotong-Royong

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:53

Cerita Di Balik Penyerahan Rumah Gratis Kopsyah BMI Ke-477 Di Serang

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:38

Enam Pria Tersangka Merampok Rumah Pegawai Koperasi di Malang , 4 Ditangkap dan 2 Buron

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:38

Bagi-bagi Dana Koperasi Desa Rp 1,6 Miliar, Wali Nagari dan Bamus di Dharmasraya Jadi Tersangka

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:38

OJK Cabut Izin Usaha Koperasi LKM Pundi Mataran Pati

Berita Terbaru

Nasional

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia

Minggu, 21 Jul 2024 - 00:01