Kopsyah Arasy Wukir Jaladri : 5 Tips Mengembangkan Bisnis Online

Minggu, 2 Juli 2023 - 00:00

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Purwokerto, Beritakoperasi – Koperasi Syariah Arasy Wukir Jaladri (Kopsyah Arasy) sedang melakukan persiapan pembukaan untuk membina usaha kecil dan menengah di Purwokerto. Dalam melalukan layanannya Kopsyah Arasy fokus pada pendampingan usaha anggota.

Di sela-sela persiapan pembukaan rumah pemberdayaan anggota, Sefi Ahmafriani mengatakan bahwa salah satu layanan bisnis bagi anggota dalam meningkatkan kesejahteraannya adalah melalui pelatihan bisnis online.

Sefi katakan cara mengembangkan bisnis online memang berbeda jika dibandingkan dengan usaha menggunakan sistem konvensional.  Namun, bukan berarti metode ekspansinya selalu rumit dan susah bagi pengusaha pemula. Pengembangan bisnis online penting dilakukan dalam binis digital, mengingat semakin kesini persaingan semakin ketat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Sefi ada 10 Cara Mengembangkan Bisnis Online yang wajib diketahui. Adanya platform e-commerce dan ragam media sosial sangat membantu pengusaha atau UKM yang telah berpengalaman untuk melakukan ekspansi bisnis serta menjangkau target konsumen secara lebih luas.

Sefi menegaskan,  pertama adalah menentukan jenis bisnis yang akan dibangun. Layaknya sebuah bisnis dengan toko fisik, cara mengembangkan bisnis online shop juga membutuhkan titik fokus penjualan.  Maksudnya, pengusaha harus mengklasifikan barang jual dalam kategori yang spesifik. Sehubungan dengan itu, pengusaha juga perlu membuat rancangan kasar terkait sistem penjualan.  Misalnya, penggunaan platform e-commerce serta melakukan beberapa cara mengembangkan bisnis online melalui affiliate marketing atau bisnis dropship.

Baca juga:  Kopasjadi Berikan Solusi UKM Naik Kelas Dengan Akses Modal Kerja Serta Pendampingan Usaha

Sefi Ahmafriani, Manajer Kopsyah Arasy Cabang Purwokerto 

Kedua, Sefi jelaskan tentang bagaimana menganalisis permintaan target pasar. “Setelah jenis bisnis dan barang jual sudah dalam kategori spesifik, kamu bisa menganalisis permintaan target pasar. Langkah berikut akan membantu untuk menentukan platform mana yang dirasa lebih mudah dan efisien bagi pelanggan” ujar Sefi lagi.

“Perlu dipahami bahwa dalam hal ini fokus riset adalah mengetahui minat konsumen pada jenis platform penjualan digital tertentu dan bukan merupakan analisis permintaan target pasar terhadap barang dagang” ujarnya lagi.

Ia katakan untuk memulainya, pengusaha bisa melakukan riset terhadap jumlah target konsumen yang aktif menggunakan platform jualan online tertentu dan melihat seberapa besar antusiasnya dalam melakukan transaksi pembelian atas barang jual perusahaan.

“Sebagai tips mengembangkan bisnis online, kamu bisa menggunakan metode survei kompetitor, pelanggan atau pasar secara daring agar data guna prosedur analisis bisa lebih mudah dan cepat ditemukan” papar Sefi melanjutkan.

Ketiga, menurutnya adalah mulai memproduksi barang. “Setelah mengetahui besaran antusias target konsumen dalam platform bisnis online tertentu, sebagai persiapan, kamu bisa mulai meningkatkan jumlah produksi barang dagang. Mengingat proses produksi membutuhkan waktu lama dan prosedur yang rumit, langkah persiapan ini dilakukan untuk mencegah kurangnya inventory perusahaan terhadap permintaan pasar” tutur Sefi.

Baca juga:  Holding Mikro dan Koperasi

Keempat adalah membangun brand. “Salah satu rahasia tentang cara membangun bisnis online yang efektif adalah menetapkan nama, identitas serta visi dan misi brand atas produk perusahaan. Adanya identitas brand yang kuat akan membantu perusahaan semakin dikenal oleh target konsumen sekaligus meningkatkan omset barang dagang” tegasnya.

“Tentu saja untuk mencapai kesuksesan berikut dibutuhkan waktu dan strategi pemasaran efisien. Perlu dipahami bahwa membangun suatu brand online tidak hanya memiliki nama toko atau logo sebagai lambang perusahaan.  Namun, juga terkait dengan detail strategi pemasaran seperti thank you note, desain produk, struk serta packaging” papar Sefi lagi.

Kelima menurut Sefi pengusaha harus mengurus legalitas usaha. ”Ketika kta sudah siap dengan brand dan proses produksi barang sudah mulai dilakukan, cara mengembangkan bisnis online yang tidak boleh ditinggalkan adalah aspek legalitas usaha. Jika kita memiliki visi dan misi yang kuat untuk mengembangkan usaha, maka sangat disarankan untuk segera memproses legalitas bisnis agar proses ke depannya menjadi lebih mudah” ujar Sefi.

Baca juga:  LPDP- KUMKM Berkomitmen Salurkan Dana Bergulir Tahun 2024 Sebesar Rp 1,85 Triliun, Sektor RiilJadi Fokus

“Biasanya, legalitas usaha berkaitan dengan bentuk perusahaan. Misalnya, Perseroan Terbatas (PT) maupun Persekutuan Komanditer (CV).  Jika kamu sudah menentukan aspek tersebut, maka selanjutnya hanya perlu melengkapi dokumen dan prosedurnya” ujarnya.

Sefi menutup pernyataan dengan mengajak warga Purwokerto untuk siap-siap bergabung dengan komunitas produktif dan kreatif dengan menjadi anggota Kopsyah Arasy. ”Mari bergabung menjadi bagian dari komunitas produktif kami dengan menjadi anggota Kopsyah Arasy yang insyaallah kita tengah persiapan di Ledug. Yang ingin gabung silakan info ke 087776113133” pungkas Sefi. (Beritakoperasi/Diah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaKoperasi.com.

Berita Terkait

Webinar Harkopnas Ke-77 : Peran Lembaga Pembiayaan Pengungkit Pengembangan Koperasi
Budi Hermawan : Bedah Buku Dan Diskusi “Lawan Tanding Kapitalisme” Semarakkan Harkopnas
Syarat Dan Tata Cara Menjadi Notaris Pembuat Akta Koperasi
Koperasi Kopasjadi Purwokerto, Kantor Baru Siap Fasilitasi Modal Usaha Dan Layani Biaya Pendidikan Anak
Hibah Rumah Gratis Ke-477, Bukti Kopsyah BMI Koperasi Yang Menjaga Prinsip Gotong-Royong
Cerita Di Balik Penyerahan Rumah Gratis Kopsyah BMI Ke-477 Di Serang
Enam Pria Tersangka Merampok Rumah Pegawai Koperasi di Malang , 4 Ditangkap dan 2 Buron
Bagi-bagi Dana Koperasi Desa Rp 1,6 Miliar, Wali Nagari dan Bamus di Dharmasraya Jadi Tersangka
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

13 Kontroversi Arab Saudi : Proyek Bangunan Mirip Ka’bah Hingga Pantai Bikini

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

Mengenal Fenomena Desert Bloom Yang Bikin Gurun Di Arab Saudi Jadi Padang Lavender

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mengenal Mocaf Pengganti Terigu Yang Kaya Manfaat

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Fakta Haru Dibalik Hari Kasih Sayang 14 Februari

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mau Bisa Nulis Buku Atau Opini Media Penerbit Sherpa Indonesia Buka Klub Menulis, Terbuka Untuk Seluruh Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Terapkan Kiat ini, Bikin UMKM Makin Sukses di Era Digital

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Selamat Jalan Prof Rubi, Guru Abadi Sang Pembimbing Yang Menginspirasi

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Tata Cara Salat dan Khutbah Idul Adha di Rumah

Berita Terbaru

Nasional

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia

Minggu, 21 Jul 2024 - 00:01