KemenKopUKM Rumuskan Isu Strategis Untuk Dibawa Dalam Forum BIMP-EAGA 2023

Senin, 11 Juli 2022 - 00:00

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

 

Beritakoperasi – Jakarta, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) selaku Focal Point Indonesia dalam menjalin kerja sama dengan Sub Regional mencakup Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Small and Medium Enterprises Development Working Group (SMED-WG), melaksanakan rapat koordinasi bersama Dinas Koperasi dan UKM 15 Provinsi wilayah BIMP-EAGA beberapa hari lalu meliputi Pulau Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua Barat di Serpong, Banten. 

“Rapat koordinasi dilaksanakan, guna merumuskan posisi Indonesia pada pertemuan Strategic Planning Meeting (SPM) SMED WG tahun 2023 yang akan digelar di Malaysia,” kata Asisten Deputi Bidang Kemitraan dan Perluasan Pasar Deputi Bidang UKM KemenKopUKM sekaligus Head of Delegation Indonesia untuk SMED WG, Fixy, dalam keterangan resmi, di Jakarta, Sabtu (29/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia menyampaikan perkembangan kerja sama terbaru, serta hal-hal yang harus ditindaklanjuti bersama berdasarkan hasil pertemuan sebelumnya. 

“Melalui pertemuan ini diharapkan kita dapat menjalin komitmen yang lebih erat antara KemenKopUKM dengan Dinas Koperasi dan UKM di provinsi yang menjadi wilayah BIMP-EAGA, sebagai daerah pelaksanaan kegiatan untuk memilki ownership terhadap BIMP-EAGA,” ujarnya.

Baca juga:  Subsidi Sebagai Instrumen Selamatkan Rakyat

Fixy berharap, agar Dinas Koperasi dan UKM di wilayah BIMP-EAGA dapat lebih berperan aktif dalam pelaksanaan berbagai project maupun mengusulkan inisiatif baru yang dapat dimanfaatkan bagi UMKM di daerah masing-masing. 

Ia menjelaskan, Project Virtual Business Centre yang di inisiasi oleh Dinas Provinsi Sulawesi Utara saat ini dalam tahap pengembangan. Business Center dapat dimanfaatlan sebagai fasilitas product galery, sumber informasi pelatihan, serta sumber informasi lainya yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha di wilayah BIMP-EAGA sebagai etalase produk UMKM berbagai Propinsi BIMP-EAGA.

Pertemuan tersebut juga turut menghadirkan perwakilan dari Kemenko Perekonomian, selaku Sekretariat Nasional Indonesia untuk BIMP-EAGA yang perwakilannya pada kesempatan itu menjelaskan terkait sejarah dan gambaran struktur kerja BIMP-EAGA, serta potensi pendanaan yang dapat dimanfaatkan untuk membiayai project BIMP-EAGA yang diusulkan oleh pemerintah daerah. 

Lebih lanjut perwakilan dari Kementerian Perdagangan menjelaskan perkembangan project di bawah nauangan Trade and Investment Cluster yang salah satunya terkait UKM. 

“Pertemuan menyepakati komitmen pemerintah daerah untuk berpartisipasi aktif pada forum kerja sama BIMP-EAGA, serta dukungan optimalisasi project Business Center. Di mana tiap provinsi akan mengirimkan data UKM berorientasi ekspor untuk dapat dimasukan pada platform Business Center,” ucap Fixy. (Meilinda/Beritakoperasi, Sumber: KemenKopUKM)

Baca juga:  Pengukuhan Pimpinan Dekopinwil Jawa Timur 2022-2025

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaKoperasi.com.

Berita Terkait

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia
Seminar Nasional Revitalisasi Koperasi Indonesia : Ahmad Subagyo Menekankan Pentingnya Revitalisasi Koperasi di Era Digital Melalui Strategi dan Inovasi
Forkopi Gelar Konsolidasi Kawal Regulasi Bangkitkan Koperasi Yang Sesuai Amanat Konstitusi
10 Koperasi Modern Diinkubasi Menjadi Lembaga Inkubator Bisnis
Kunjungan Koperasi VICTO Philippina : Koperasi Poetera Desa Wisata Ajak Koperasi ASEAN Kembangkan Tourism COOP dan Kerjasama Usaha
Dampak Regulasi Terhadap Keberlangsungan Koperasi
Lewati Rekor, Pemudik RI Lebaran 2024 Tembus 242 Juta Orang
Panas Perang Iran-Israel, Pemerintah Ungkap Nasib WNI
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

13 Kontroversi Arab Saudi : Proyek Bangunan Mirip Ka’bah Hingga Pantai Bikini

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

Mengenal Fenomena Desert Bloom Yang Bikin Gurun Di Arab Saudi Jadi Padang Lavender

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mengenal Mocaf Pengganti Terigu Yang Kaya Manfaat

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Fakta Haru Dibalik Hari Kasih Sayang 14 Februari

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mau Bisa Nulis Buku Atau Opini Media Penerbit Sherpa Indonesia Buka Klub Menulis, Terbuka Untuk Seluruh Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Terapkan Kiat ini, Bikin UMKM Makin Sukses di Era Digital

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Selamat Jalan Prof Rubi, Guru Abadi Sang Pembimbing Yang Menginspirasi

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Tata Cara Salat dan Khutbah Idul Adha di Rumah

Berita Terbaru

Nasional

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia

Minggu, 21 Jul 2024 - 00:01