Beritakoperasi, Jawa Tengah – Qurban berasal dari Bahasa Arab, Qaraba, yang artinya dekat. Secara istilah, qurban adalah sesuatu yang disembelih dari binatang ternak yang berupa unta, sapi dan kambing untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT yang disembelih di hari Idul Adha dan hari Tasyrik.

Pelaksanaan qurban bagi muslim yang mampu terdapat dalam Al Quran dan hadits. Ibadah qurban dilakukan saat Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah penanggalan Hijriah.
Dikutip dari laman resmi BAZNAS, makna berqurban adalah sebuah bentuk kepasrahan seorang hamba kepada Allah untuk mendekatkan diri kepadaNya. Berqurban juga menjadi bentuk syukur dan berserah diri.

 

Makna ibadah qurban ini tercantum dalam QS Al Hajj ayat 34 dan 35:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَالصَّابِرِينَ عَلَىٰ مَا أَصَابَهُمْ وَالْمُقِيمِي الصَّلَاةِ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Arab latin: 34. Wa likulli ummatin ja'alnā mansakal liyażkurusmallāhi 'alā mā razaqahum mim bahīmatil-an'ām, fa ilāhukum ilāhuw wāḥidun fa lahū aslimụ, wa basysyiril-mukhbitīn. 35. Allażīna iżā żukirallāhu wajilat qulụbuhum waṣ-ṣābirīna 'alā mā aṣābahum wal-muqīmiṣ-ṣalāti wa mimmā razaqnāhum yunfiqụn

Baca juga:  KemenKopUKM Realisasikan Rp400 Miliar dari Anggaran 2024

 

BACA JUGA : Mengenal Tentang Khasiat Madu Jitu Akasia Untuk Kesehatan Tubuh

 

Artinya:

34. "Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)

35. (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah hati mereka bergetar, orang yang sabar atas apa yang menimpa mereka, dan orang yang melaksanakan salat dan orang yang menginfakkan sebagian rezeki yang Kami karuniakan kepada mereka."

 

Lalu bagaimana jika kita ingin berqurban namun dalam segi materi belum mampu untuk membeli hewan qurban ?

 

Allah memberi banyak cara untuk memudahkan kita dalam beribadah, salah satunya dalam berqurban. Kita bisa menyisihkan rezeki yang kita miliki sedikit demi sedikit.

KOPASJADI (Koperasi Arasy Wukir Jaladri) juga memberikan kemudahan kepada para anggotanya untuk berqurban. dengan adanya Simpanan Qurban, anggota tidak perlu lagi khawatir cara mengatur keuangan untuk berqurban di masa mendatang.

Baca juga:  INKOPONTREN Adakan Meeting Time – Sharing Time

Langkah awal untuk mengikuti program Simpanan Qurban yaitu dengan bergabung menjadi anggota KOPASJADI. Simpanan Qurban mentargetkan anda bisa membeli hewan qurban dengan harga 3jt rupiah dalam jangka waktu 1 tahun atau 2 tahun menyesuaikan kemampuan anda.  Menyisihkan uang sebesar 5rb sampai 10rb per hari bukanlah hal berat jika diniatkan dari awal untuk ibadah qurban.

“Dengan setoran 35rb/minggu Insha Allah kita bisa berqurban 2 tahun kedepan, program ini sangat bermanfaat apalagi untuk para pemuda yang ingin belajar berqurban sejak dini,” Ujar Nina, salah satu anggota KOPASJADI.

Jika anda tergerak hatinya untuk mengikuti program Simpanan Qurban, silahkan menghubungi admin KOPASJADI di nomor wa 0858-7694-6099 atau mengunjungi website kami di www.kopasjadi.com. (Beritakoperasi/Sefi)