Tradisi Unik Merayakan Isra Miraj di Berbagai Negara

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beritakoperasi, Jawa Tengah – Isra Miraj adalah perjalanan malam Nabi Muhammad dari Mekah ke masjid terjauh yaitu Masjid Aqsa di Yerusalem, lalu naik ke surga, dimurnikan dan diberi perintah bagi umat Islam untuk sholat lima kali sehari. Pada kalender Islam, Isra Miraj secara umum diperingati pada hari ke-27 bulan Rajab.

Isra Miraj merupakan peristiwa bersejarah dalam perjalanan Muhammad menjadi Nabi. Peringatan hari penting ini dirayakan dengan berbagai tradisi. Dikarenakan ada beragam budaya di seluruh negara ini, maka tradisi Isra Miraj di seluruh dunia pun berbeda-beda.

Berikut tradisi unik Isra Miraj yang sudah kami rangkum :

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Indonesia
Negara kepulauan Indonesia sendiri memiliki beragam tradisi dalam merayakan Isra Miraj. Tradisi ini bergantung kepada kearifan lokal masing-masing wilayah. Misalnya saja, sebuah daerah di Jawa Timur melaksanakan tradisi Ambengan yakni orang-orang akan berkumpul dan makan bersama dari satu wadah besar untuk merayakan Isra Miraj.

Sedangkan di Yogyakarta, diadakan Rejeban Peksi Buraq. Tradisi ini mengangkat dua burung buraq sebagai simbol kendaraan Nabi Muhammad naik ke surga. Burung Buraq dalam tradisi ini dibuat dari jeruk bali. Kedua burung akan diarak oleh abdi dalem dari Bangsal Kencana Keraton Yogyakarta menuju Serambi Masjid Gede Kauman. 

Baca juga:  SAMBUT RAMADAN PENUH BERKAH TANPA TAKUT DOMPET TERKURAS

2. Palestina
Di Palestina, warga muslim akan memperingati hari Isra Miraj dengan mengenakan baju kebesaran mereka.
Mereka juga akan memainkan alat musik berirama merdu berkelilingi rumah-rumah. Para warga akan saling menyambut kedatangan para pemusik, ikut bergembira, dan berbagai makanan. 

3. Amerika
Warga beragama Islam di Amerika merupakan minoritas. Meskipun begitu, mereka tetap bisa merayakan Isra Miraj, tetapi dengan cara mereka sendiri.

Mereka akan berkumpul di Islam Center dan memanjatkan doa bersama. Tradisi Isra Miraj yang sederhana di Amerika ini sudah cukup untuk menghangatkan hati para muslim di negara Hollywood itu.

4. Kanada
Muslim di negara Kanada merayakan Isra Miraj dengan membagikan permen kapas kepada warga. Sehingga sebelum hari Isra Miraj tiba, biasanya mereka akan sibuk mempersiapkan permen, bahkan ada yang membuat sendiri di rumah mereka.

Permen-permen itu kemudian dibagikan kepada tetangga dan kerabat terdekat mereka. Meskipun negara Kanada tidak didominasi oleh umat Islam, uniknya di Kanada, umat Islam bisa merayakan Isra Miraj selama dua hari berturut-turut.

Baca juga:  Forkopi Lanjutkan FGD RUU Perkoperasian Di Sidogiri, Andy A Djunaid Ajak Elemen Koperasi Ikut Membangun Bangsa

5. Turki
Turki juga memiliki cara unik untuk merayakan Isra Miraj. Muslim di sana akan menyalakan lilin di seluruh kota. Para muslim juga akan berkumpul di masjid atau di area terbuka untuk memanjatkan doa bersama-sama. 

 

BACA JUGA : Apa Benar Gempa Di Negara Turki Buatan Manusia???

6. Oman
Masyarakat mulsim di Oman merayakan Isra Miraj dengan membaca Al Quran di malam Isra Miraj. Pembacaan Al Quran dilaksanakan bersama-sama di masjid. Selain itu, mereka juga akan menghiasi rumah-rumah dengan lampu yang terang. 

7. Kuwait
Isra Miraj di Kuwait bisa dirayakan selama tiga hari berturut-turut. Hari Isra Miraj menjadi hari libur nasional selama tiga hari. Kesempatan ini umumnya digunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat, merayakan Isra Miraj.  

Demikian itu uraian singkat tradisi Isra Miraj di seluruh dunia. Negara manakah yang menurut kalian paling unik dalam merayakannya ? (Beritakoperasi/Sefi)
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaKoperasi.com.

Berita Terkait

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia
Seminar Nasional Revitalisasi Koperasi Indonesia : Ahmad Subagyo Menekankan Pentingnya Revitalisasi Koperasi di Era Digital Melalui Strategi dan Inovasi
Forkopi Gelar Konsolidasi Kawal Regulasi Bangkitkan Koperasi Yang Sesuai Amanat Konstitusi
10 Koperasi Modern Diinkubasi Menjadi Lembaga Inkubator Bisnis
Kunjungan Koperasi VICTO Philippina : Koperasi Poetera Desa Wisata Ajak Koperasi ASEAN Kembangkan Tourism COOP dan Kerjasama Usaha
Dampak Regulasi Terhadap Keberlangsungan Koperasi
Lewati Rekor, Pemudik RI Lebaran 2024 Tembus 242 Juta Orang
Panas Perang Iran-Israel, Pemerintah Ungkap Nasib WNI
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

Mengenal Fenomena Desert Bloom Yang Bikin Gurun Di Arab Saudi Jadi Padang Lavender

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

13 Kontroversi Arab Saudi : Proyek Bangunan Mirip Ka’bah Hingga Pantai Bikini

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mengenal Mocaf Pengganti Terigu Yang Kaya Manfaat

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Fakta Haru Dibalik Hari Kasih Sayang 14 Februari

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:35

Mau Bisa Nulis Buku Atau Opini Media Penerbit Sherpa Indonesia Buka Klub Menulis, Terbuka Untuk Seluruh Indonesia

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Terapkan Kiat ini, Bikin UMKM Makin Sukses di Era Digital

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Selamat Jalan Prof Rubi, Guru Abadi Sang Pembimbing Yang Menginspirasi

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:34

Tata Cara Salat dan Khutbah Idul Adha di Rumah

Berita Terbaru

Nasional

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia

Minggu, 21 Jul 2024 - 00:01