7 Tips Puasa di Hari Pertama Yang Perlu Kamu Lakukan.

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:36

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

7 Tips Puasa di Hari Pertama Yang Perlu Kamu Lakukan.

Beritakoperasi jawa Tengah-Bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah telah tiba. Sudah saatnya seluruh umat muslim menjalankan kewajibannya untuk berpuasa. Biasanya, hari pertama puasa terasa berat untuk di lalui karena sudah terbiasa dengan pola makan dan tidur sehari-harinya.

Ketika mulai hari puasa, maka kamu perlu bangun lebih awal dan menahan lapar hingga waktu telah tiba yang telah di tentukan. Keadaan ini tentunya membuat tubuh mudah lemas karena kamu masih membutuhkan penyesuaian. Maka dari itu, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan dalam menyambut hari pertama puasa agar semuanya berjalan dengan baik. Lantas apa saja persiapan puasa hari pertama?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di hari pertama puasa, tentunya kamu ingin menjalankan ibadah puasa sebaik-baiknya, bukan? Namun, hal ini pastinya harus didukungg dengan kondisi fisik dan mental yang sehat, kalau tidak, puasa akan terasa lebih berat karena sulit menahan godaan. Nah, untuk mencagah hal itu terjadi, kami sudah merangkum beberapa tips puasa di hari pertama yang bjsa kalian semua ikuti.

Baca juga:  MenKopUKM: Keamanan Data dan Trust Jadi Jaminan Onboarding Digital UMKM Sukses

1.    Istirahat yang cukup

Pada awal puasa, kamu perlu bangun lebih awal untuk menyantap sahur.Tentunya, hal ini dapat membuat kamu jadi kurang tidur dan mengantuk di siang harinya. Makadari itu, mulailah untuk mengatur jam tidur agar kamu mendapatkan istirahat yang cukup. Buat kamu yang suka begadang, tinggalkan kebiasaan tersebut dan saatnya mengubah pola tidur jadi lebih sehat, yaaaa.

2.    Perhatikan menu sahur

Saat berpuasa, tubuh akan kekurangan asupan energy dari makanan. Maka dari itu, kamu perlu menyantap makanan yang sehat dan bergizi agar tetap kuat dan bersemangat dalam menjalani puasa. Saat sahur, ada baiknya untuk menyantap makanan tinggi serat untuk memberikan rasa kenyang lebih lama, seperti buah dan sayuran. Selain itu, hindari makanan asin secara berlebihan agar kam tidak gampang haus di siang hari.

3.    Perbanyak minum air putih

Tidak dapat di pungkiri bahwa tubuh manusia sangat memerlukan air. Kekurangan cairan tidak hanya menyebabkan dehidrasi, tetapi juga menganggu metabolism dan kinerja tubuh Oleh karena itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 8 gelas air putih setiap harinya. Di bulan puasa, kamu juga bisa melakukan pola minum 2-4-2, yakni 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air saat malam, dan 2 gelas air saat sahur.

Baca juga:  Pandemi, Teten Ingin Koperasi dan UMKM Jadi Sentara Pemulihan Ekonomi

4.    Ibadah tepat waktu

Kunci dari puasa adalah belajar bersabar dan mengumpulkan pahala. Agar kamu lebih kuat dalam menjalaninya, jangan pernah lupa untuk beribadah tepat waktu, mulai dari sholat subuh hingga sjalat isya, ya. Bila memungkinakan, kamu juga bisa melakukan ibadah tambahan di waktu luang,seperti sholat sunah.

5.    Lakukan olahraga ringan

Kamu bisa tetap berolahraga saat puasa, kok. Justru hal ini sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Memang, kamu tidak perlu melakukan olahraga berat yang membuat tubuh kelelahan. Namun, kamu bisa melakukan olahraga rungan, seperti berjalan kaki, jogging, yoga, serta bersepeda santai.

6.    Beramal

Kalau dari segi materi, kamu bisa mempersiapan pengeluaran lebih buat beramal di bulan puasa. Soalnya, segala amalan yang kamu lakukan di bulan suci bisa meningkatkan pahala jadi dua kali lipat, lhoo.

7.    Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa

Saat berbuka puasa, sebaiknya kamu tidak makan secara berlebihan, yaa walaupun ada berbagai jenis hidangan di meja makan, kamu tetap harus menahan diri supaya lambungnya tidak kaget.Soalnya, makan makanan dalam jumlah besar sekaligus bisa meningkatkan risiko terkena gangguan pencernaan.

Baca juga:  Dampak Regulasi Terhadap Keberlangsungan Koperasi

Boleh-boleh saja menyantap makanan manis, tetapi jangan sampai berlebihan, ya. Selain dapat meningkatkan berat badan, makanan tinggi gula juga dapat membuat tubuh menjadi lesu. Itu dia tujuh tips puasa di hari pertama yang bisa kamu terapkan. Jadi, sudah siap untuk menjalankan ibadah puasa. (Beritakoperasi/nina).
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaKoperasi.com di Telegram dengan cara klik link berikut ini : t.me/beritakoperasi.

Berita Terkait

KemenKopUKM Dukung Pembangunan Koperasi Modern di Tiap Kabupaten/Kota
Sinergi KemenKopUKM dan BRIN Bahas Kerja Sama dalam Komersialisasi Hasil Riset Pengembangan UMKM
KemenKopUKM Bangun Kolaborasi Kembangkan Ekosistem Mode Fesyen Dunia
Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia
Seminar Nasional Revitalisasi Koperasi Indonesia : Ahmad Subagyo Menekankan Pentingnya Revitalisasi Koperasi di Era Digital Melalui Strategi dan Inovasi
Forkopi Gelar Konsolidasi Kawal Regulasi Bangkitkan Koperasi Yang Sesuai Amanat Konstitusi
10 Koperasi Modern Diinkubasi Menjadi Lembaga Inkubator Bisnis
Kunjungan Koperasi VICTO Philippina : Koperasi Poetera Desa Wisata Ajak Koperasi ASEAN Kembangkan Tourism COOP dan Kerjasama Usaha
Tag :

Berita Terkait

Senin, 8 Juli 2024 - 03:58

Budi Hermawan : Bedah Buku Dan Diskusi “Lawan Tanding Kapitalisme” Semarakkan Harkopnas

Kamis, 4 Juli 2024 - 04:48

Syarat Dan Tata Cara Menjadi Notaris Pembuat Akta Koperasi

Senin, 24 Juni 2024 - 04:35

Koperasi Kopasjadi Purwokerto, Kantor Baru Siap Fasilitasi Modal Usaha Dan Layani Biaya Pendidikan Anak

Rabu, 12 Juni 2024 - 12:19

Hibah Rumah Gratis Ke-477, Bukti Kopsyah BMI Koperasi Yang Menjaga Prinsip Gotong-Royong

Rabu, 12 Juni 2024 - 11:53

Cerita Di Balik Penyerahan Rumah Gratis Kopsyah BMI Ke-477 Di Serang

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:38

Enam Pria Tersangka Merampok Rumah Pegawai Koperasi di Malang , 4 Ditangkap dan 2 Buron

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:38

Bagi-bagi Dana Koperasi Desa Rp 1,6 Miliar, Wali Nagari dan Bamus di Dharmasraya Jadi Tersangka

Rabu, 12 Juni 2024 - 03:38

OJK Cabut Izin Usaha Koperasi LKM Pundi Mataran Pati

Berita Terbaru

Nasional

Koperasi Multi Pihak Game Changer Koperasi Indonesia

Minggu, 21 Jul 2024 - 00:01