Insyaallah Berangkat Umroh, Dengan Celengan Umroh. Apa Pun Profesinya Bisa Berangkat Umroh

Beritakoperasi, Purwokerto – Setiap muslim ingin merasakan bagaimana berangkat ke tanah suci untuk beribadah umroh. Masih banyak orang yang merasa tidak mampu untuk berangkat umroh, tetapi setelah tahu ilmunya dan yakin bahkan banyak yang berprofesi pemulung, tukang jualan keliling dan pekerjaan lain yang dipandang sulit untuk membiayai perjalanan umroh atas panggilan Allah bisa berangkat ke tanah suci. Memang yang pertama diperlukan untuk berangkat melaksanakan umroh adalah niat kita. Kita harus berniat untuk berangkat umroh dan memperkuat niat ini dengan doa yang terus-menerus agar Allah memberikan jalan kita sampai ke tanah suci. Selain berdoa, langkah kedua yang perlu dilaksanakan adalah dengan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dengan cara menabung atau menyimpan. Koperasi Syariah Arasy Wukir Jaladri (KOPASJADI) memberikan fasilitas celengan umroh berupa kaleng yang bisa dibuat untuk mengumpulkan uang-uang yang kita sisihkan dari jualan kita untuk berangkat umroh.

Insyaallah Berangkat Umroh, Dengan Celengan Umroh. Apa Pun Profesinya Bisa Berangkat Umroh

Beritakoperasi, Purwokerto – Setiap muslim ingin merasakan bagaimana berangkat ke tanah suci untuk beribadah umroh. Masih banyak orang yang merasa tidak mampu untuk berangkat umroh, tetapi setelah tahu ilmunya dan yakin bahkan banyak yang berprofesi pemulung, tukang jualan keliling dan pekerjaan lain yang dipandang sulit untuk membiayai perjalanan umroh atas panggilan Allah bisa berangkat ke tanah suci.

Memang yang pertama diperlukan untuk berangkat melaksanakan umroh adalah niat kita. Kita harus berniat untuk berangkat umroh dan memperkuat niat ini dengan doa yang terus-menerus agar Allah memberikan jalan kita sampai ke tanah suci.

Selain berdoa, langkah kedua yang perlu dilaksanakan adalah dengan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dengan cara menabung atau menyimpan. Koperasi Syariah Arasy Wukir Jaladri (KOPASJADI) memberikan fasilitas celengan umroh berupa kaleng yang bisa dibuat untuk mengumpulkan uang-uang yang kita sisihkan dari jualan kita untuk berangkat umroh.

Berikut hikmah dari ibadah umroh yang kita lakukan, pertama mendapat balasan surge. Hikmah haji dan umroh yang pertama adalah akan mendapat balasan surga. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW.

Beliau bersabda: “ Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga." (HR. Bukhari dan Muslim)

Umroh mabrur merupakan ibadah yang diterima oleh Allah SWT. Indikator mabrur yang dapat dilihat adalah terlaksananya semua syarat dan rukun haji atau umroh dengan baik. Selain itu, tidak ada pelanggaran terhadap larangan selama umroh. Umroh mabrur juga bisa dilihat dengan kepribadian yang baik usai pulang ke Tanah Air.

Kedua, menjawab panggilan Allah SWT. Hikmah umroh yang kedua yaitu sebagai jawaban atas panggilan Allah SWT. Sebab orang yang melaksanakan ibadah umroh adalah orang yang menjawab panggilan-Nya untuk menjadi tamu di Tanah Suci. Sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadis: “ Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan-Nya. Maka dari itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri." (HR Ibnu Majah)

Ketiga, umroh menghapus segala dosa. Selanjutnya, hikmah umroh ialah dapat menghapuskan segala dosa yang telah diperbuat. Pengampunan dari Allah Swt ini adalah hal yang menjadi hikmah ibadah umroh, sebab manusia adalah tempatnya salah dan dosa.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, ia berkata: Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, " Umroh satu ke umroh lainnya merupakan penebus dosa antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain surga." (HR Bukhari dan Muslim)

Keempat, dengan ibadah umroh kita mendapat pahala berlipat. Selain menghapus dosa, hikmah umroh yang tak kalah penting adalah dilipatkan pahala bagi orang yang melaksanakannnya. Seluruh amalan ibadah umroh baik sunnah maupun wajib akan diganjar dengan pahala yang berlipat.

Salah satu hadis Nabi SAW menjelaskan orang yang telah melaksanakan ibadah umroh dengan baik, maka ia pulan ke negara asalnya bagaikan bayi suci yang baru lahir.

Rasulullah SAW bersabda: “ Siapa yang berhaji (umroh) ke Baitullah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya." (HR Bukhari).

Kelima, Iman Semakin Kuat. Keimanan seseorang juga akan meningkat setelah melaksanakan ibadah umroh. Inilah mengapa hikmah umroh akan membuat seseorang semakin baik ibadahnya dan hubungan sosialnya. Ia akan semakin percaya bahwa firman Tuhan telah ia buktikan sendiri kebenarannya selama beribadah di Tanah Suci.

Keenam, dengan ibadah umroh kita akan dijauhkan dari kemiskinan. Selain dihapuskannya dosa-dosa, mendapatkan kelimpahan berkah, doa-doa yang dikabulkan, hingga dijanjikan masuk Surga, keutamaan umroh selanjutnya adalah dijauhkan dari kemiskinan. Allah SWT memberikan keistimewaan ibadah umroh ini dengan menjauhkan siapapun dari kemiskinan atau kefakiran, dan atas izin-Nya hidup akan dicukupkan dan sejahtera. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat Tarmidzi.

"Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga," (HR. Tirmidzi).

Sefi Ahmafriani, Manajer KOPASJADI mengatakan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menjalankan ibadah umroh dengan menjadi anggota KOPASJADI melalui celengan umroh. Saat ini untuk berangkat umroh rata-rata biaya umroh Rp 30 juta plus minus. Dengan menyimpan secara rutin dari pendapatan warung misalnya akan mempermudah tercapainya tujuan umroh.

“Misalnya pedagang sate, atau mie ayam atau dagang apa saja, kita sediakan celengan umroh. Nanti tipa minggu disetorkan ke kita. Dar kita juga akan memberikan bagi hasil karena akad kita mudharabah. Jika kita menyimpan rata-rata Rp 19 ribu saja ke celengan lalu tiap minggu disetor dalam 5 tahun akan terkumpul uang kurang lebih Rp 32 juta” terang Sefi.

“Insyallah dengan niat kuat Allah akan memberikan kelacaran rejeki pada kita yang sudah berniat memenuhi panggilannya. Insyallah usaha kita akan semakin lancar dan berkah. Apalagi sudah disampaikan salah satu hikmah umroh adalah terhindar dari kefakiran” tegas Sefi selanjutnya.

"Bagi yang berpendapatan tetap lebih mudah, kita simpan tiap bulan Rp 500 ribu selama 5 tahun akan terkumpul uang Rp 30 juta lebih ditambah dengan bagi hasil yang kita berikan tiap bulan. Insyaallah berkah untuk membantu sesama dan tujuan umroh kita tercapai" urai Sefi lagi.   

Sefi juga menjelaskan jika sudah menyimpan di simpanan umroh sebesar 75% dari total biaya berangkat umroh, koperasi siap memberikan pembiayaan umroh jika memang niat suci berangkat umroh sudah todak bisa ditahan lagi. “Bagi anggota kita juga memberikan pembiayaan umroh. Jadi insyallah semakin mudah kita berumroh melalui Koperasi Syariah Arasy Wukir Jaladri ini” pungkas Sefi.  

Setoran simpanan umroh juga sangat mudah, bisa melalui rekening atas nama Koperasi Arasy Wukir Jaladri di Bank Muamalat dengan no rek 5410087061 atau melalui scan QRIS Koperasi Arasy. Informasi silakan kontak Sefi 0831-1147-0901 atau Nina 0813-9378-5274. (Nina/Beritakoperasi)